Jaringan LAN dan WLAN

Pengertian LAN (Local Area Network)

LAN merupakan salah satu jenis yang paling umum dan paling banyak dipakai untuk berbagai keperluan lantaran biaya pemasangannya yang begitu terjangkau. Kita hanya memerlukan kabel ethernet yang terhubung ke adapter dan Hub. Jaringan LAN dapat menghubungkan dua komputer satu sama lain hingga ribuan komputer. Koneksi ini lebih banyak dipakai di perkantoran, dan pabrik dengan skala sedang sampai besar.

Kelebihan LAN
  1. Melakukan transfer file melalui suatu server pengatur keluar-masuk informasi adalah hal yang memungkinkan.
  2. Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara bersama-sama.
  3. Penggunaan dengan LAN dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.
  4. Keamanan kerahasiaan data maupun investasi terjamin karena LAN memiliki sistem pengatur password.
  5. Tidak banyak penggunaan kabel.
Kekurangan LAN
  1. Jika Banyak PC yang terhubung Jaringan LAN akan Melambat.
  2. Software harus Dirancang untuk Multi User.
  3. LAN begitu lambat di speed modemnya.
  4. Karena semua komputer/PC terhubung dalam satu jaringan atau topologi maka ketika salah satunya terinfeksi virus,komputer lainnya juga akan bervirus.
  5. Sistemnya Menggunakan 1 Jaringan Maka Masih ada Kemungkinan Jaringan Bisa Di Retas.

WLAN (Wireless Local Area Network)

Sementara koneksi WLAN yang kini sedang naik daun adalah koneksi nirkabel dengan gelombang radio yang dapat menghubungkan antar komputer melalui perangkat router. Koneksi ini memiliki standar 802.11a/b/g/n/ac di mana masing-masing memiliki standar dan kelebihan yang berbeda untuk mengirimkan data. Biasanya koneksi ini kita temukan di kafe, perpustakaan, tempat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Kelebihan WLAN
  1. Mobilitas Yang Baik
  2. Selama dalam jangkauan sinyal Acess point memungkinkan pengguna dapat terhubung ke jaringan sehingga informasi mudah di dapatkan, jadi tidak perlu di satu rungan tempat kerja saja untuk mengakses informasi, lalu dengan mobilitas yang baik ini maka dapat meningkatkan produktivitas khusunya dalam bekerja.
  3. Mudah Instalasi
  4. Dalam penerapannya WLAN tergolong mudah dan juga cepat di instalasi, karena tanpa diperlukan memasang kabel jaringan terlebih dahulu. Coba bayangkan jika menggunakan kabel dalam jaringan LAN yang besar maka diperlukan banyak kabel jaringan belum lagi memasangkan konektornya, maka dengan Menggunakan teknologi wireless maka hal tersebut dapat di percepat.
  5. Sangat Fleksibel
  6. Pengguna dapat terhubung ke jaringan dimana saja selama terjangkau sinyal, selain itu sedikit menggunakan kabel atau bahkan tidak menggunakan kabel.
  7. Minim Biaya Perawatan
  8. Meski pada awal pemasangan WLAN memerlukan biaya yang cukup mahal, tapi dalam perawatan jaringannya cukup murah karena tidak memerlukan kabel.
  9. Bisa digunakan Banyak Topologi Jaringan
  10. Dapat digunakan berbagai macam topologi jaringan, hal ini karena tidak dibutuhkan kabel untuk terkoneksi ke jaringannya.
Kekurangan WLAN
  1. Kerahasian atau Keamanan Kurang Terjamin
  2. Karena untuk menghubungkan perangkat komputer dll. menggunakan teknologi nirkabel, jadi kerahasiaan data atau keamanan data kurang terjamin sebab jaringan bisa di akses oleh siapa saja jadi pentingnya memperhatikan sistem pengamanannya.
  3. Peralatan Relatif Mahal
  4. Pada awal pembuatan atau perancangan tentunya membutuhkan peralatan yang relatif mahal misalnya dibutuhkan Access Point, wirelles adapter, dll. Perangkat yang digunakan-pun harus memiliki teknologi nirkable, misalnya ingin menghubungan printer, maka printer tersebut harus memiliki teknologi wireless.
  5. Delay
  6. Maksudnya jika sinyal terhalang, terpantul, dan jika lalu lintas jaringan padat berpotensi mengalami keterlambatan untuk mengakses serta menerima informasi.
  7. Access Point Rawan Gangguan, Jika perangkat access point mengalami kerusakan maka banyak perangkat yang terhubung ke jaringan akan mengalami gangguan bahkan tidak bisa terhubung ke jaringannya 

Komentar

Postingan Populer